Sejarah Kertas Karton

Dalam kehidupan kita, ternyata tanpa kita sadari kertas karton menjadi bagian dari kehidupan kita. Contohnya adalah pembuatan hardcover buku, majalah, skripsi sampai pada kita suci yang kita baca tiap hari memerlukan karton untuk covernya. Selain itu, kertas karton umumnya sebagai bahan dasar pembuatan kotak kado, undangan pernikahan, dan souvenir.

jual kertas karton, sejarah karton
kertas karton


Karton pertama kali ternyata diproduksi tahun 1817 Di Inggris. Pada saat itu diperlukan sebuah kemasan pelindung yang tidak terlalu memakan ruang pada bagasi kapal dan dapat dirakit untuk kemudian digunakan berulang-ulang sebagai bentuk penghematan pengeluaran jasa pengiriman akibat adanya perang. Alhasil karton dipilih sebagai bahan pengemas yang tepat.

Untuk bahan baku pembuatan karton sendiri sama seperti kertas pada umumnya, yaitu pulp yang berasal dari serat kayu/selulosa atau bisa berasal dari limbah kertas. Setelah menjadi bubur kayu/bubur kertas, bahan baku kemudian di olah dan dikelompokan untuk diberi warna atau tidak. Jika hendak dibuat karton dengan beraneka warna (biasanya untuk keperluan kreasi), maka bubur kayu ini akan melalui proses bleaching, sebuah proses dimana warna bubur akan menjadi putih dengan bantuan larutan Hidrogen Peroxida atau sejenisnya.

Kemudian bubur kertas ini akan dicampurkan dengan pewarna sesuai dengan kebutuhan dan tahap akhir adalah pencetakan sesuai dengan ketebalan yang di inginkan. Biasanya setelah dicetak diperlukan pengeringan agar karton bertahan lebih lama.

Sampai sekarang, karton yang  sifatnya mudah dibentuk dengan peralatan sederhana seperti cutter, serta bernilai ekonomis (murah), dan tentunya anda bisa temukan dimana-mana, membuat kertas karton menjadi salah satu media kreasi yang cukup diminati oleh masyarakat.

Terbukti dengan banyaknya kreasi yang terbuat dari kertas karton. Seperti box yang berbahan dasar kertas karton untuk wadah hiasan maupun wadah peralatan lain yang biasa kita gunakan sehari-hari. Tak hanya itu, kertas karton juga menjadi bahan utama dalam pembuatan map raport, map ijazah dan cover buku (hard cover). Kertas karton juga digunakan sebagai media kreasi seperti pembuatan mobil mainan dan media edukasi lainnya.

Oleh karena itu, kami disini jual kertas karton dari berbagai jenis karton sesuai dengan keperluan anda. Caranya cukup mudah tinggal kotak kami di nomor WA 089673900908, kami akan segera merespon anda.


Info Pemesanan: 0896-7390-0908 (WA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Jenis kertas Karton

Kertas Karton Untuk Bahan Dasar Box Kado atau Kotak Kado